Rabu, 31 Oktober 2012

Pemiliharaan Perangkat Komputer




A. Defragment

Defragment ialah utility tools yang cara kerja nya menata ulang atau mengurutkan file file atau data pada harddisk berdasarkan jenis file atau data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read atau write. Kita dapat mengibaratkannya proses defragment seperti kegiatan menaruh buku baru di perpustakaan. Kita harus menaruh buku baru tersebut sesuai jenis bacaannya dan urutan edisi nya, jadi buku tersebut dapat dengan mudah dicari untuk dibaca. Sehingga kinerja komputer kita lebih cepat dan ringan.

B. Clean-up

Clean-up ialah utility tools yang cara kerja nya membersihkan file file yang sudah tidak berguna lagi (seperti cookies, temporary file, web history, dll). Proses Clean-up harus dilakukan karena file file tersebut memakan memori pada harddisk kita. Jangan takut proses clean-up akan menghilangkan data data penting dari harddisk kita, karena proses ini hanya membersihkan atau menghapus data data yang tidak dibutuhkan lagi seperti sampah.


C. Msconfig

adalah troubleshooting tool yang bisa digunakan untuk mendisable software/driver dsb dari boot up dan bisa membantu memecahkan masalah, dan juga membantu jika anda ingin meningkatkan performance  komputer.
MsConfig adalah program bawaan dari windows atau lebih dikenal dengan System Configuration yang berfungsi mengatur startup dan bootin
Pertama-tama, untuk membukanya anda perlu:

- Buka run (Windows + R) lalu ketik : MsConfig lalu enter
- [W7] start > ketik msconfig
- Pergi Ke : C:\Windows\System32\Msconfig.exe

D.  Regedit

Regedit atau yang biasa kita sebut dengan Registry Windows adalah pusat database untuk pengaturan konfigurasi aplikasi dan informasi lainnya yang diperlukan oleh aplikasi. Dan semua pengaturan tersebut diatur dalam bentuk key. di dalam registry kita bisa melakukan tiga hal yaitu: membaca, menulis dan menghapus.

E. Backup Data

Pengertian backup data adalah memindahkan atau menyalin kumpulan informasi (data) yang tersimpan di dalam hardisk komputer yang biasanya dilakukan dari satu lokasi/perangkat ke lokasi/perangkat lain. Data atau kumpulan informasi tersebut bisa berupa file dokumen, gambar, video, audio, system windows, driver, atau software/program tertentu.

Fungsi backup data

Kegunaan atau manfaat back up data yaitu kita masih mempunyai cadangan data dari data yang hilang/rusak/terhapus, baik yang disebabkan oleh kesalahan kita sendiri atau faktor lain di luar kemampuan kita, seperti: terkena virus, file rusak (tidak bisa dibuka), perangkat komputer error/bermasalah, mati listrik, bencana, dan lain sebagainya.
Dengan begitu cadangan data yang sudah kita simpan tersebut dapat kita gunakan kembali sebagai pengganti data yang telah hilang/rusak/terhapus tadi. Fungsi back up data lebih mengacu pada faktor keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan komputer.

Cara Backup Data

Cara back up data bisa dilakukan dengan berbagai perangkat, baik itu melalui hard disk internal itu sendiri, hardisk eksternal, CD R/RW, DVD R/RW, flash disk, memory, maupun software backup baik yang bisa didapatkan secara gratis dengan mendownloadnya di internet maupun yang berbayar.

 
DxDiag ("DirectX Diagnostics")

Dxdiag
DxDiag merupakan alat diagnosa yang digunakan untuk menguji DirectX fungsionalitas dan masalah-video atau suara yang terkait dengan masalah hardware. Diagnostik DirectX dapat menyimpan file teks dengan hasil scan. File-file ini sering tech diposting di forum atau email yang dilampirkan untuk mendukung dalam rangka memberikan dukungan personel yang lebih baik ide pada PC yang menggunakan requester dalam kasus kesalahan yang disebabkan oleh kegagalan perangkat keras atau ketidakcocokan. (Lihat Diagnostics bagian bawah)


DxDiag secara default terletak di% SystemRoot% \ system32. Dalam Windows Vista, DxDiag hanya menampilkan informasi; itu tidak mungkin untuk menguji hardware dan berbagai komponen DirectX.

Fungsi

System tab menampilkan versi DirectX yang sekarang, nama host dari komputer, sistem operasi versi, informasi pada sistem BIOS, dan data lainnya. Tab DirectX File menampilkan informasi mengenai versi DirectX spesifik sistem file, yang sebagian besar atau portabel executables dinamis-link library (DLL).


Pengertian System Restore


System restore adalah salah satu fitur dari Operating system windows yang berfungsi untuk mengembalikan kondisi system windows tersebut pada kondisi tanggal sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Moga Saya Bisa memberi Solusi Yang Bermanfaat

By.Admin