Selasa, 27 Maret 2012

MENGETIK 10 JARI 2012

Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 1 -
1. PENDAHULUAN
1.1 Deskripsi
Nama Modul : Keterampilan mengetik 10 jari
Kode Kompetensi : TIK.OP01.001.01
Ruang lingkup isi : • Dasar – dasar keyboard
o Pengertian dan pengenalan
Keyboard
o Pemasangan Keyboard
o Fungsi dan penggunaan keyboard
• Mengetik 10 jari
Kaitan Modul : Modul ini digunakan sebagai modul awal
untuk mata diklat KKPI sebelum
melanjutkan ke modul berikutnya.
Hasil yang
diharapkan
: Setelah mempelajari modul ini, peserta didik
diharapkan mampu:
a. menggunakan keyboard;
b. mengetik 10 jari dengan
menggunakan keyboard.
Manfaat di
Industri
: Setelah mempelajari modul ini, peserta didik
diharapkan untuk dapat:
a. berintegrasi dengan teknologi yang
telah diterapkan di industri dengan
mudah;
b. melaksanakan jenis-jenis pekerjaan
yang dibutuhkan di industri;
c. mengembangkan kemampuan diri
secara mandiri untuk mengikuti
perkembangan teknologi dan
informasi yang semakin pesat;
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 2 -
d. mengetik 10 jari dengan cepat, tepat
dan efisien.
1.2 Prasyarat
Untuk mempelajari modul ini tidak ada unit kompetensi dan
pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya.
1.3 Petunjuk Penggunaan Modul
Untuk peserta didik
1. a) Bacalah modul dengan seksama, terutama bagian instruksi.
b) Pahami tujuan anda mempelajari modul, sasaran yang
diharapkan, tingkat penguasaan yang diharapkan serta waktu
yang ditargetkan.
c) Kerjakanlah tugas dan latihan yang terdapat di dalamnya
dengan jujur tanpa melihat kunci jawaban sebelum anda
mengerjakannya.
d) Gunakan teknik membaca cepat dalam mempelajari modul.
e) Laporkan kemajuan anda kepada guru / instruktur sebelum
anda melanjutkan ke modul selanjutnya.
2. Anda diperbolehkan bertanya kepada guru / instruktur jika
dianggap perlu.
3. Usahakan menyelesaikan setiap modul lebih cepat dari waktu
yang ditetapkan
4. Jika ada bagian yang belum anda pahami, cobalah terlebih dahulu
mendiskusikan dengan teman yang sedang mengerjakan bagian
yang sama, sebelum anda bertanya pada guru / instruktur. Kalau
perlu, anda harus berusaha mencari tahu jawabannya pada
sumber yang lain.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 3 -
5. Tingkat pemahaman minimal yang diharapkan sebesar 70%, jika
tingkat penguasaan anda kurang dari 70%, pelajari materi /
bagian – bagian dari modul yang belum anda kuasai, atau
mintalah remediasi dan saran – saran dari guru / instruktur. Ikuti
ketentuan yang berlaku dalam setiap modul sebelum anda
melanjutkan ke bagian lain atau ke modul berikutnya.
Untuk guru / instruktur
1. Guru / instruktur harus menguasai sepenuhnya isi modul dan
mempunyai daftar bagian modul yang mungkin sulit bagi peserta
didik dan mempersiapkan penjelasan / jawaban yang diperlukan.
2. Guru / instruktur harus mempunyai catatan posisi dan kemajuan
setiap peserta didik dan sekaligus memikirkan sumber informasi
lain yang dapat disarankan kepada peserta didik.
3. Guru / instruktur hendaknya dapat meningkatkan motivasi peserta
didik setiap saat terutama bagi peserta didik yang berhasil
(memberi pujian, penghargaan, hadiah kecil, dll).
4. Sebelum memberikan verifikasi keberhasilan peserta didik, guru /
instruktur harus mengevaluasi keberhasilan peserta didik dengan
memberikan pertanyaan, soal, test dan sebagainya yang telah
dipersiapkan terlebih dahulu.
5. Modul yang digunakan oleh peserta didik harus dimulai secara
berurutan.
6. Setiap satu modul selesai, peserta didik harus melaporkannya
kepada fasilitator dan diverifikasi oleh fasilitator melalui tes
sederhana, tanya jawab dan sebagainya.
7. Peserta didik ditugaskan untuk membuat rangkuman setiap modul
yang telah mereka pelajari.
8. Peserta didik dapat melanjutkan ke modul berikutnya setelah
diverifikasi.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 4 -
9. Bila peserta didik dapat menyelesaikan seluruh modul dalam satu
tingkat dengan waktu kurang dari yang ditetapkan, maka mereka
diberikan modul pengayaan.
10. Modul ini merupakan edisi ketiga dari edisi awal materi kurikulum
2004. Oleh karena itu, guru / instruktur diharapkan:
a. membuat catatan rinci mengenai kekurangan modul ini ;
b. Menambahkan materi yang dianggap lebih baik dari yang ada,
sesuai dengan kondisi setempat.
1.4 Tujuan Akhir
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. memahami fungai dasar dan penggunaan keyboard sebagai salah
satu alat input;
2. mengetik 10 jari.
1.5 Cek Kemampuan
Apabila Anda dapat menjawab seluruh soal di bawah ini, silakan
langsung mengambil unit kompetensi selanjutnya.
1.5.1 Soal Teori
1. Yang dimaksud dengan keyboard adalah:
a. Alat untuk melihat hasil ketikan
b. Papan tombol ketik
c. Alat untuk mencetak
d. Program grafik
e. Kunci untuk komputer
2. Pilih dibawah ini yang bukan jenis keyboard secara fisik:
a. Keyboard Serial
b. Keyboard Paralel
c. Keyboard PS/2
d. Keyboard Wireless
e. Keyboard USB
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 5 -
3. Mana hal berikut yang bukan merupakan fungsi dari
keyboard?
a. Menekan tombol panah pada keyboard untuk
menggerakkan kursor
b. Menekan tombol shift untuk menempilkan huruf besar
atau kecil
c. Menekan tombol esc untuk membatalkan perintah
d. Menekan tombol enter untuk menghapus hasil ketikan
e. Menekan tombol page up untuk menggulung tampilan
layar ke atas
4. Jumlah tombol numerik pada keyboard adalah:
a. 9
b. 10
c. 11
d. 17
e. 19
5. Fungsi tombol page down adalah:
a. Menggerakkan kursor ke kanan
b. Menggerakkan kursor ke kiri
c. Menggerakkan kursor ke atas
d. Menggerakkan kursor ke bawah
e. Menggerakkan kursor ke samping
1.5.2 Soal Praktek
1. Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit dengan
menggunakan 10 jari (491 karakter).
Bila Anda ingin sukses dan berhasil membina teknik mengetik
yang baik, maka Anda memerlukan waktu yang cukup pendek
hanya dengan syarat bahwa anda harus mengikuti semua
petunjuk pengajar Anda setiap hari. Terutama pikiran Anda
harus tenang dan relax tanpa memikirkan yang lain-lain,
pusatkanlah perhatian anda pada naskah yang terletak di
meja Anda. Gerakkanlah jari-jari Anda dengan teratur dengan
kecepatan yang sama, usahakanlah bahwa jari-jari Anda tetap
pada garis pangkal.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 6 -
2. Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 10 menit dengan
menggunakan 10 jari (1090 karakter)
Menteri Radius Prawiro kemarin mengatakan, tekstil
termasuk produk dengan siklus pendek, yaitu cepat ada
pergantian jenis produk karena harus memenuhi selera itu, hasil
produksinya tidak bakal banyak menarik masyarakat konsumen.
Karena itu, pengusaha tekstil dalam negeri harus
mengadakan penelitian lapangan, untuk menentukan jenis disain
yang digemari masyarakat. Berdasarkan penelitian tersebut,
perusahaan dapat membuat disain yang paling digemari. Tetapi
situasi sekarang ini lain, salah satu produk yang digemari
diproduksi sebanyak- banyaknya, melebihi kebutuhan. Sehingga
ketika selera konsumen berubah mengarah ke kualitas yang
lebih bagus, maka tekstil tersebut tinggal tertumpuk tidak mampu
dijual lagi.
Masalah kuantitas dan kualitas, selain untuk pasaran dalam
negeri juga untuk ekspor. Bila kualitas tidak memenuhi syarat
ekspor, tentu tidak laku untuk dipasarkan di luar negeri. Dalam
persaingan di pasaran internasional, produsen Indonesia
sebaiknya memiliki keterampilan, teknologi tinggi serta efisiensi
yang setaraf dalam berproduksi dan manajemen usaha.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 7 -
2. KEGIATAN BELAJAR 1
2.1 Tujuan
Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang pengertian
komputer serta bagian – bagiannya. Juga akan dibahas mengenai
perangkat input komputer yang paling banyak digunakan, yaitu keyboard.
Sebagai sebuah perangkat input, keyboard memiliki banyak fungsi yang
dijelaskan secara rinci.
Diharapkan setelah mempelajari kegiatan belajar ini, Anda dapat
memahami jenis – jenis keyboard serta fungsi tombol – tombol yang
terdapat pada keyboard tersebut.
2.2 Organisasi Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti
sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
• Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin
penghitung elektronik yang cepat dan dapat
menerima informasi input digital, kemudian
memprosesnya sesuai dengan program yang
tersimpan di memorinya, dan menghasilkan
output berupa informasi.
• Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang
mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input;
- memproses input tadi sesuai dengan programnya;
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
- menyediakan output dalam bentuk informasi.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 8 -
• Sedangkan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu
pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara
cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia.
Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan
seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.
Gambar 1.1 Bagian-bagian Komputer
Gambar 1.2 Satu unit komputer
INPUT
DEVICE
PROCESS
DEVICE
OUTPUT
DEVICE
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 9 -
• Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer
• Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh
alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada
bagian output
• Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses
2.3 Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang
dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh
Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan
dari kartu pelubang (punch card) dan
teknologi pengiriman tulisan jarak jauh
(Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC
menggunakan pembaca kartu pembuat
lubang (punched card reader) sebagai alat
input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya
sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri
dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus
lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya
papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tomboltombol
huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti
: ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus
lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada
Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard
umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 10 -
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa
maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk
dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output
atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat
menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan
setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita
lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita
ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih
dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahanperubahan
bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti
juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel
yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam
port yang terdapat pada CPU komputer.
Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:
1. Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer
tipe AT.
2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling
banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus
dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan
port untuk mouse.
Gambar 1.3
Port pada keyboard serial
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 11 -
3. Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel
sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis
koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk
menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit
pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada
keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada
port USB atau serial pada CPU.
Gambar 1.4
Port pada keyboard PS2 dan konektor
pada motherboard
Gambar 1.5
Keyboard dan mouse wireless
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 12 -
4. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis
konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.
2.4 Struktur tombol pada keyboard
Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang
tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah
penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang lebih
mempercepat pembukaan aplikasi program.
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
1. Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi
huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe
QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai
saat ini adalah susunan QWERTY.
2. Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi
angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka
dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai
kalkulator dan alat hitung lainnya.
Gambar 1.6 Konektor USB
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 13 -
3. Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada
keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah
khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
4. Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol
yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah
di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete,
page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).
Beberapa fungsi tombol pada keyboard terdapat pada tabel berikut ini.
Tombol ALT akan berfungsi bila penggunaannya
dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4
misalnya yang berguna untuk ShutDown atau
menutup Windows Program yang sedang aktif.
Tombol CTRL akan berfungsi bila
penggunaannya dipasangkan dengan tombol
lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRLC
akan berguna untuk menyalin saatu objek yang
ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat
disalinkan pada area kerja yang ditentukan
dengan menggunakan CTRL-V
Typing keys Control keys Numeric Keypad
Function keys
Gambar 1.7 Bagian – bagian keyboard
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 14 -
Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang
pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem
operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya
digunakan untuk menampilkan menu Help yang
akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi
yang sedang berjalan
Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang
kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL,
yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya
sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk
menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul
dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan
baris kosong atau baris baru pada proses
pemasukan text.
Pada Window dialog, menekan tombol TAB
berarti pindah ke field atau daerah isian atau
pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan,
TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop)
terdekat.
Menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai
arah anak panah bersangkutan.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan
tombol Backspace akan mengakibatkan karakter
(huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan
tombol Delete akan mengakibatkan
karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat
dimana kursor berada akan terhapus.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan
tombol Home akan mengakibatkan kursor
berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan
tombol End akan mengakibatkan kursor
berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan
tombol PgUp akan mengakibatkan kursor
berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor
berada
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan
tombol PgUp akan mengakibatkan kursor
berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor
berada
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 15 -
2.5 Rangkuman kegiatan belajar 1
• Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang berfungsi
untuk memasukkan data secara langsung kepada bagian proses
• Secara fisik, keyboard dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
o Serial;
o PS2;
o Wireless;
o USB.
• Keyboard terdiri atas 4 bagian utama, yaitu:
o Typing keys;
o Numeric keypad;
o Function keys;
o Control keys.
• Tombol ketik pada keyboard terdiri atas 2 jenis, yaitu QWERTY dan
DVORAK.
2.6 Tugas kegiatan belajar 1
1. Diskusikan dengan rekan Anda fungsi utama keyboard sebagai alat
input.
2. Carilah informasi sebanyak – banyaknya mengenai jenis – jenis
keyboard, terutama dari segi desain ergonomisnya (Silakan buka
www.ilmukomputer.com, www.howstuffworks.com dan
www.whatis.com ).
3. Diskusikan perbedaan antara keyboard QWERTY dan DVORAK.
4. Bukalah aplikasi word processing apa saja (atau minta bantuan guru
/ instruktur anda untuk membukanya), kemudian ketik satu persatu
tombol – tombol pada keyboard, kemudian catat dan buat
rangkuman korelasi antara penekanan tombol dengan hasil yang
tampak pada layar Anda.
2.7 Tes formatif pemelajaran 1
Selesaikan soal teori yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 16 -
3. KEGIATAN BELAJAR 2
3.1 Tujuan
Untuk apa belajar mengetik 10 jari apabila dengan ‘11’ jari saja pekerjaan
sehari – hari telah dapat dilakukan ?
Mungkin pertanyaan tersebut akan terlontar apabila melihat tujuan
kegiatan belajar ini.
Memang seorang teknisi tidak membutuhkan kecepatan dan kepandaian
mengetik 10 jari seperti seorang sekretaris, tetapi apabila dihadapkan
pada suatu keadaan yang baru, dimana kecepatan merupakan sebuah
tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat adalah sebuah
keharusan.
Kegiatan belajar 2 ini menekankan kepada dasar-dasar mengetik 10 jari
yang dilengkapi dengan latihan untuk setiap tombol yang ada pada
keyboard. Setiap latihan hendaknya dapat diikuti
secara penuh dan bertahap. Jangan melangkah ke
latihan berikutnya apabila belum memahami dan
menguasai latihan yang saat ini dilaksanakan.
3.2 Langkah awal pemelajaran
Ketiklah kalimat dibawah ini pada komputer di depan Anda (silakan
menggunakan word processing apa pun, mintalah bantuan instruktur
untuk membuka aplikasi tersebut), dan hitung waktu yang Anda butuhkan
untuk mengetik keseluruhan kalimat.
Pesatnya kemajuan tneknologi informasi dan komunikasi,
disingkat TIK, atau disebut pula informatika, yang kemudian
berkembang menjadi telematika, serta meluasnya perkembangan
infrastruktur informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan
bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan
ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan informasi telah menjadi
paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara
efektif dalam revolusi jaringan informasi akan menentukan masa
depan kesejahteraan bangsa.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 17 -
• Hitung waktu yang anda butuhkan untuk mengetikkan 2 paragraf di
atas.
• Hitung kesalahan kata dan huruf yang Anda lakukan dalam
pengetikan tersebut.
• Ingin mengetik dengan lebih cepat ? Lebih akurat ? Dan lebih
Profesional ?
3.3 Tips menggunakan keyboard
Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard
yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama.
Namun yang lebih penting adalah bagaimana anda mengatur postur dan
posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa
menghindari kelelahan dan cedera.
Untuk itu ada baiknya mengikuti nasehat Stephanie Brown, seorang guru
piano asal Amerika, dalam majalah "Her World". "Ikutilah disiplin pemain
piano yang sedang pentas," katanya. Stephanie memberi lima petunjuk
untuk diterapkan saat anda mengetik pada keyboard.
Silakan meneruskan mempelajari dan
mempraktekkan latihan di modul ini
Berbagai keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum
mampu mendayagunakan potensi TIK secara baik, dan oleh karena
itu Indonesia terancam kesenjangan digital (digital divide).
Kesenjangan sarana dan prasarana TIK antara kota dan pedesaan,
juga memperlebar jurang perbedaan sehingga terjadi pula digital
divide di dalam negara kita sendiri.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 18 -
1. Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan
Upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak
tangan. Lemaskan pergelangan tangan anda seperti mengambang.
Jangan tegang.
2. Posisi siku menggantung
Pastikan siku anda dalam posisi bebas menggantung.
Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, selain
menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan
cepat lelah.
3. Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
Kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari
anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan lemas, rileks, apa adanya.
4. Tekan tombol dengan tenang
Jangan menekan tombol dengan kuat atau mengalirkan kekuatan
penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan
memukul tombol keyboard.
5. Bila tidak sedang mengetik
Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol
di keyboard. Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi
kondisi anda di saat mengetik.
Gambar 3.1. Posisi duduk
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 19 -
3.4 Posisi tangan pada keyboard
Secara umum, ada 2 cara peletakan tangan pada keyboard.
3.4.1 Posisi Pertama
Gambar 3.2. Posisi penjarian pertama pada Keyboard
Gambar 3.3. Penjarian Pertama
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 20 -
Tangan Kiri
Jari Kelingking : Baris Pertama = ‘ dan 1
Baris Kedua = Tab dan Q
Baris Ketiga = Capslock dan A
Baris Keempat = Shift kiri dan Z
Baris Kelima = Ctrl dan Windows
Jari Manis : Baris Pertama = 2
Baris Kedua = W
Baris Ketiga = S
Baris Keempat = X
Jari Tengah : Baris Pertama = 3
Baris Kedua = E
Baris Ketiga = D
Baris Keempat = C
Jari Telunjuk : Baris Pertama = 4 dan 5
Baris Kedua = R dan T
Baris Ketiga = F dan G
Baris Keempat = V dan B
Ibu Jari : Baris Kelima = Alt kiri dan Spasi
Tangan kanan
Ibu Jari : Baris Kelima = Alt kanan dan Spasi
Jari Telunjuk : Baris Pertama = 6 dan 7
Baris Kedua = Y dan U
Baris Ketiga = H dan J
Baris Keempat = N dan M
Jari Tengah : Baris Pertama = 8
Baris Kedua = I
Baris Ketiga = K
Baris Keempat = ,
Jari Manis : Baris Pertama = 9
Baris Kedua = O
Baris Ketiga = L
Baris Keempat = .
Jari Kelingking : Baris Pertama = 0, -, = dan
BackSpace
Baris Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga = , ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat = / dan shift kanan
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 21 -
3.4.2 Posisi Kedua
Gambar 3.4. Posisi penjarian kedua pada Keyboard
Gambar 3.5. Penjarian Kedua
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 22 -
Tangan Kiri
Jari Kelingking : Baris Pertama = ‘ dan 1
Baris Kedua = Tab dan Q
Baris Ketiga = Capslock dan A
Baris Keempat = Shift kiri dan Z
Baris Kelima = Ctrl dan Windows
Jari Manis : Baris Pertama = 2 dan 3
Baris Kedua = W
Baris Ketiga = S
Baris Keempat = X
Jari Tengah : Baris Pertama = 4
Baris Kedua = E
Baris Ketiga = D
Baris Keempat = C
Jari Telunjuk : Baris Pertama = 5 dan 6
Baris Kedua = R dan T
Baris Ketiga = F dan G
Baris Keempat = V dan B
Ibu Jari : Baris Kelima = Alt kiri dan Spasi
Tangan kanan
Ibu Jari : Baris Kelima = Alt kanan dan Spasi
Jari Telunjuk : Baris Pertama = 7 dan 8
Baris Kedua = Y dan U
Baris Ketiga = H dan J
Baris Keempat = N dan M
Jari Tengah : Baris Kedua = I
Baris Ketiga = K
Baris Keempat = L
Jari Manis : Baris Pertama = 9
Baris Kedua = O
Baris Ketiga = L
Baris Keempat = .
Jari Kelingking : Baris Pertama = 0, -, = dan
BackSpace
Baris Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga = ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat = / dan shift kanan
Baris Kelima = Windows, left click
dan ctrl kanan
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 23 -
3.5 Latihan Dasar
Bagian ini merupakan latihan – latihan dasar untuk mengetik 10 jari. Ikuti
baik – baik langkah – langkah yang ada pada setiap latihan. Jangan
berpindah ke latihan selanjutnya apabila latihan pertama belum dikuasai
dengan baik.
3.5.1 Latihan penguasaan tombol pangkal
Garis pangkal ini adalah letak jari apabila kita meletakkan jari
pada keyboard. Gerakan – gerakan jari harus segera kembali
pada posisi garis pangkal.
Tangan kiri: A, S, D dan F Tangan kanan: J, K, L dan ;
Untuk melatih penggunaan tombol pangkal, ketiklah yang berikut
masing – masing 5 baris.
ff ff ff ff jj jj jj jj fj fj fj jf jf ff jj fj fj jf jf
dd dd dd kk kk kk dk dk kd dk dd kk fk jd kj jk kj
ss ll ss ll ss ll sl ls ls ls js fl fl dl dl ld js lf ld
aa aa ;; ;; aa aa ;; ;; a; a; a; aj aj aj f; ka da ja f;
jaf faj dak kad jad dal lad sad sak kas dak kal jak lak
daka kada lasa sala fasa asaf asal sadal akal adas jala
jasa lasak falak salak jalak fasal jasad kadal kakak jajal
jakad sakal kadas kasad kasal kas dadak sadak saja alas
jaksa ada kala; kakak ada dada; jaksa jajal fasal fasal
Gambar 3.6. Tombol Pangkal
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 24 -
3.5.2 Latihan penguasaan tombol g
Tombol g diketik dengan jari telunjuk kiri ke arah kanan.
Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari kelingking tetap
pada tempatnya.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris
fg fg gf jg gj dg kg kg sg lg ag jg lg ag jg lg sg dg gd
gaf gad gal gas gaj gagak gagad jagad gagal lagak galak
gaja jaga gasak gadak gasal gajak gagak gafa gagal gafa
galak jagad gagal gagak sagak lagak gafal gafaj lafas gas
ada gagak galak; galak gagak ada saja; saja gagak fasal
3.5.3 Latihan penguasaan tombol h
Tombol h diketik dengan jari telunjuk tangan kanan ke arah kiri.
Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari kelingking tetap
pada tempatnya.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
jh jh hj fh hf hk kh hd ha hl sh ah ha hl hs
jah fah gah dah sah lah hal has hak hah hag fah dah
hajag gadah halal hagal lafah halal kalah lajah sadah
hafal hafas hajag jadah asah gajah jaha jasad gajah akal
lafal gajah salah jagad; kadal salah gajah; kasa jaksa
3.5.4 Latihan penguasaan tombol e
Tombol e diketik dengan jari tengah tangan kiri ke sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
de de de ed ed ed ke ek fe je fe ge se le ke se dek
dede keke dekdek kedked dedak ledas sedak dedes ledas
kekal sedah lekah gede jedah lelah gedek saleh hehe
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 25 -
3.5.5 Latihan penguasaan tombol i
Tombol i diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ki ki ki ik ik ik di di fi fi ji ji li si is di ki di di
ki didi dedi keki sili lisi siki didik dedik didih dedi keki
lili leli sisi lidi asih gigi gigih jika alih kaki daki jikil
didik didi lihai sedih siji gili gila hilaf fisik sedih lihai
3.5.6 Latihan penguasaan tombol r
Tombol r diketik dengan jari telunjuk kiri rapat ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
fr fr fr rf rf rf jr jr rj rj gr gr rg rg rh kr dr sr
fir fer ker lir sir ser ler air lari kari kiri dari kiri rid
raki rika geri heri jeri feri seri lira sari deras jari deras
era eri geri risa riri kera dera liar riak rial rias rere eri
3.5.7 Latihan penguasaan tombol u
Tombol u diketik dengan jari telunjuk kanan ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ju ju ju uj uj uj fu fu uf gu ug hu uh du lu ul sul
juju fuju guju huju kuku duduk susu lusu suku ujuk juri
ujud sujud kuah sauh guruh deru jeruk deruh ragu sagu
deru saku laku kaku siku rusak luas kura lagu salju gusi
3.5.8 Latihan penguasaan tombol m
Tombol m diketik dari jari telunjuk kanan rapat ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 26 -
jm jm jm mj mj mj fm mf dm md km mk ms im sm am
mia mie mis mid mif mud mur muak muka rame rumah
jama jamu jemu mimis mila mimic demi semir mile limau
ramah samak lemak mika, gama jamak maka mamuk
3.5.9 Latihan penguasaan tombol v
Tombol v diketik dengan jari telunjuk kiri ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
fv fv fv vf vf vf hv vh fv fv iv vi dv vd vk kv vl
vur vir val vak vaf vakir vas vava vasir luv vul vuvur viva
vuvu vulva vis vulva vikda vules veksi viksa vulva veve
gavur haver juvel livak kurva larva serva vivi vasu suva
3.5.10 Latihan penguasaan tombol n
Tombol n diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke
bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
jn jn jn nj nj nj jan nam jin jen nevl neni nina nini
nana makan nian deni senian anin nian mian nisah ninah
gung gunung junan fanni nisan hiasan human nunuk nava
niur sana sini mina vandal mannen nama nenek nanu niru
3.5.11 Latihan penguasaan tombol b
Tombol b diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke
bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
fb fb fb bf bf bf jb bj bk bal lab bas buk bek bikin
bubuk baba babi bibi bebek lubuk kubu bubur dubur bulu
baris bala baker badu babi basi bari bisul beruk babak
bani bakmi bendi badak barak benak bivak beruk busuk
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 27 -
3.5.12 Latihan penguasaan tombol c
Tombol c diketik dengan jari tangan tengah kiri ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
dc dc dc ce cd cd kc ck jc ic cl ch gc cg cd
cece cuka ceki cucu caca cici cari cicil curi ceri carilah
cadu cuad cecis nacis leces lecet licu macu baca ceceb
3.5.13 Latihan penguasaan tombol koma
Tombol koma diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
cucu nenek, anak ibu, adik kakek, lurah, cucu, nenek, ibu,
anak, adik, sama, jani, gajah, macan, rusa, camar, kejam,
3.5.14 Latihan penguasaan tombol t
Tombol t diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke
sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ft ft ft tf tf tf ft tf lt tl st nt mt tm tn ts st tm
fit tek tak tuk tika teri tiku timun teriak tarik titi tek
taci tecu tacu taji tareh atgi timun tinggi titing tuti
seriti sarut tuan tutu tajah ganti setuju catu sarut tuka
3.5.15 Latihan penguasaan tombol y
Tombol y diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke
sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
jy jy yj yj hy yh fy yf yt yt ty uy yu yhj yhy juy kuy
yeni yuyu yareh yety jaya raya saya daya kayu layu
yati gayu hayu masayu dayan citayan cilamaya sayur yari
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 28 -
3.5.16 Latihan penguasaan tombol o
Tombol o diketik dengan jari manis kanan ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
lo lo lo so so ko ok do fo jo ho so lo co to vo lo
lolo sono olo solo kodok rokok totok golok holo alo elok
olok ojak okumeno bodoh jorok gado cocok odek reok
otak olah solo Volvo oyak yoyo yono tono otak olah solo
3.5.17 Latihan penguasaan tombol w
Tombol w diketik dengan jari manis kiri ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
sw sw sw ws ws lw lws sws lws cow woll loww soww
woll wall which saw was who which what who cow wall
wolf waht which saw was twi two town khow down
jewells giwang hawa mawas sawa ketawa sawo mawar
3.5.18 Latihan penguasaan tombol titik
Tombol titik diketik dengan jari manis kanan ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ll. s. ol. sw. ll. ss. sws. lolo. so. los. kaos. lolos.
hari ini cocok untuk ia bermain. sedang kemarin ia tidak tidur
hari ini untuk bermain. sedang kemarin ia tidak cocok saja.
yathy sakit hari ini. sebab itu ia tidak masuk sekolah hari ini.
3.5.19 Latihan penguasaan tombol shift kiri dan kanan
Apabila jari tangan kanan mengetik, maka tombol shift kiri yang
ditekan, sedangkan apabila jari tangan kiri yang mengetik, maka
tombol shift kanan yang ditekan.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 29 -
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
Juni, Korma, Lerry, Itik, Musa, Harry, Unu, Noyo, Juni,
Ferry, Gajah, Dick, Sulaiman, Agustus, Gurry, Bakar, Dock,
3.5.20 Latihan penguasaan tombol p
Tombol p diketik dengan jari kelingking kanan ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
pp ap sp dp fp lp kp gp tp cp up mp ap wp pp ap
apa papa panam palu paku pasar patal pagar pagi papa
papan gapur cipa yapa peri pakta pastor pondok pantun
japan gapur cipa yapa copot bapak pispot wingpt panu
Padi menguning, pastor membaca, Phospor bahan kimia
3.5.21 Latihan penguasaan tombol x
Tombol x diketik dengan jari manis kiri ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
sx sx sx xs xs xs lx xl dx xd fx kx xk wx xw kx
max nes lex dex telex xenon ex donex maxy sexy xeres
exec laxi maxi taxi rotax xixi xuci telex six taxi laxi cixi
3.5.22 Latihan penguasaan tombol q
Tombol q diketik dengan jari kelingking kiri ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
aq aq aq qa qa jq qj kq qk bq qv cq xq tq rq
quin qoqo qaqa Qantas qanqan qimpu quker quares qoqo
Conqueror makan Quakeer, Queen dinobatkan pada hari ini.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 30 -
3.5.23 Latihan penguasaan tombol z
Tombol z diketik dengan jari kelingking kiri ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
az az az za za za zz za az kz dz zd iz wz qz zq iz
taz zat zar zul zone zigzag zamzam zone zitzit zaszas zat
Ijazah, Zone, Zigzag, Zamzam, Zulkarnaen, Zulham, Zone.
3.5.24 Latihan penguasaan angka – angka
Pengetikan angka – angka ini perlu mendapat perhatian yang
serius karena tata letak tombol yang agak sukar.
Angka 1 : dengan jari kelingking kiri ke atas
Angka 2 : dengan jari manis kiri ke atas
Angka 3 : dengan jari tengah kiri ke atas
Angka 4 : dengan jari telunjuk kiri ke atas
Angka 5 : dengan jari telunjuk kiri ke atas
Angka 6 : dengan jari telunjuk kanan ke atas
Angka 7 : dengan jari telunjuk kanan ke atas
Angka 8 : dengan jari tengah kanan ke atas
Angka 9 : dengan jari manis kanan ke atas
Angka 0 : dengan jari kelingking kanan ke atas
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
a1 a1 a1 1a 1a 1a q1z s1s a1 a1 z1 1z 11 a1 11 s1
Saya perlu telor 11 butir untuk 1 minggu.
S2 S2 w2 x2 12 c2 s2 w2 12 s2 w2 12 k2 d2 f2 s2 12
d3 d3 e3 e3 d3 de3 dc3 cd3 ce3 ce3 kd3 fr3 gr3 de3
Ayah mempunyai cucu sebanyak 3 orang.
y4 y4 y4 4y rr4 f4b f4m 4fm 4ry y4r y4 c4
f5 f5 5f 5f 5f f5v f5g 5g5 55ff 5f f4g gg4 5f5 f5
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 31 -
Rokok 55 express buatan London.
j6 j6j y6y j6m j6u 6j6 6u6 6un h6y y6y 6yh 6yn 6ym
j6 j6j j6u 6j6 6u6 6um h6y y6y 6yh 6yn 6ym 6ym 6y6
Dalam tahun tertentu banyaknya hari 366 hari.
J7 j7j ju7 jm7 yu7 7un ju7 u7j j7j 7j7 j7j 7uj 7uj
Satu minggu banyaknya 7 hari, Jam Titus 77 batu.
k8 k8k 8k8 ki8 dk8 8ki 88k 8d8 8dk d8i dk8 88i
l9 l9l 99 lo9 sl9 sl9 l9l 99s oo9 ll9 9l9 o9o ao9 9ol
1a 10 100 010 1p p1 p0 001 0p1 101 000 0p p1
3.5.25 Latihan penguasaan tanda – tanda baca
Untuk tanda – tanda baca yang letaknya terdapat di sebelah atas
angka – angka, diketik dengan menekan tombol shift kiri atau
kanan dan selanjutnya menekan tombol angka yang sesuai.
Untuk tanda – tanda baca yang terletak di sebelah kanan, diketik
dengan menggunakan jari kelingking kanan.
Tanda kurang dapat digunakan juga sebagai garis pemisah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
PT. “SRIWIJAWA LINES” Jalan Andalas 5, Jambi.
5% dari 10.000 kg = 500 kg
L = Pound Sterling adalah mata uang Inggris.
$ = Dollar adalah mata uang USA.
(Dr.Ir.Gatot Hari Priowirjanto); Direktur Dikmenjur Depdiknas
Jakarta
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 32 -
3.5.26 Latihan mengetik cepat
Ketiklah kalimat – kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit (100
hentakan per – menit).
3.6 Tugas kegiatan belajar 2
1. Tuliskan alasan mengapa Anda memilih program keahlian pada SMK
yang saat ini Anda geluti. Tulis esai tersebut dengan mengetik pada
komputer Anda menggunakan metode 10 jari. Panjang tulisan antara
900 sampai 1000 karakter. Kerjakan dalam waktu maksimal 10
menit.
2.
3.7 Tes formatif kegiatan belajar 2
Selesaikan soal praktek yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)
mantu kemu manuk maman mimic merah majang molor
mantu nina nunung ninna nuri nori kami kenan kemari
kenduri norma badu makan nasi tiap hari dan adiknya baru
besuk orang sakit bandi selalu pergi ke pasar malam tiap hari
membawa ban sepeda cocok cucu cetil coba cabing ascaris
cari cerita cicak cela cebe lombok cantik xermon texas taxi
maxi express volavo vulva vandel vivere veri coloso vasco
dagama azan wazir bravo the quick bravo zarah azam azar
vas bunga layu lemah gemulai tenang tidur siang
Ceritakan makna gambar di samping
dengan gaya bahasa dan nalar Anda
sendiri.
Tuliskan pada komputer dengan metode
mengetik 10 jari, jumlah karakter 500 - 600
dan waktu kurang dari 5 menit.
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 33 -
DAFTAR PUSTAKA
M. Situmeang, Drs, Pelajaran Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta,
Indonesia, 1999.
Khalid Mustafa, Langkah Mudah Merakit & Membangun Jaringan
Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi Selatan, 2004.
KKPI Dikmenjur Edisi III, Mengetik 10 Jari, Tim Pengembang Teknologi
Informasi Dikmenjur Depdiknas, 2005
www.ilmukomputer.com
www.whatis.com
www.howstuffworks.com
Departemen Teknologi Informasi Dikeluarkan oleh :
Tim KKPI
Tanggal :
08/15/2006 Halaman
Modul 1 : Mengetik 10 Jari K K P I 0 1 - 34 -
BIODATA
Muhammad Rafie Pawellangi, S.Pd., S.ST, dilahirkan di
Bottotella, Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan pada tanggal 7
Desember 1975 dari pasangan Pawellangi (almarhum)
dengan Lette. Mendapat gelar S1 Teknik Elektronina di IKIP
Ujung Pandang tahun 1999 dan gelar Sarjana Sains
Terapan (S.ST) Konsentrasi Jaringan Komputer dari
Politeknik ITS Surabaya tahun 2002.
Sejak tahun 2000 bekerja di PPPGT/VEDC Malang sebagai
Supervisor Muda kemudian diangkat menjadi PNS pada tahun 2002 dan diangkat
sebagai Widyaiswara pada tahun 2006 dengan spesialisi Teknologi Informasi. Penulis
sebagai staf pengajar di Departemen Teknologi Informasi PPPGT/VEDC Malang juga
sebagai dosen Joint Program Berufsakademi Malang, serta menjadi salah seorang tim
pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Direktorat Pendidikan Menengah
Kejuruan Depdiknas.
Training dalam dan luar negeri yang pernah diikuti selama menjadi PNS di
PPPGT/VEDC Malang adalah Control System di Malang tahun 2003, Kurikulum
Pendidikan Tinggi Teknik Informatika dan Komputer di Jakarta 2003, Developing
Online Multimedia Resources For E-Learning di SEAMEO VOCTECH Brunei
Darussalam 2004, IT Essentials I PC Hardware and Software, Cisco System
Networking Academy di Malang 2004, ICT Utilization in Teaching & Learning Process
oleh Microsoft Partners Learning di Jakarta 2004, CCNA I Networking Basics, Cisco
System Networking Academy di Malang 2005, The Regional Program on Testing and
Evaluation in TEVT di CPSC Manila Philippines 2005.
Program pengembangan pendidikan yang telah dilakukan antara lain Mobile Training
Unit Teknologi Informasi dan komunikasi (MTU ICT) untuk SMK, Video/Modul on
Demand (VoD/MoD), Pengembangan dan Implementasi Ujian Online untuk beberapa
mata diklat di SMK, Standarisasi kompetensi guru mata diklat Keterampilan Komputer
dan Pengelolaan Informasi (KKPI) melalui sertifikasi KKPI, menjadi Expert MTU ICT
Swisscontact dan Konsultan ICT GTZ Jerman pada Program Recovery dan
Reconstruction Nanggroe Aceh Darussalam kerjasama PPPGT/VEDC Malang
khususnya di bidang pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Moga Saya Bisa memberi Solusi Yang Bermanfaat

By.Admin