Selasa, 27 Maret 2012

Contoh Soal Agama ISLAM

Membuat soal Pendidikan Agama Islam.
1. Apakah yang dimaksud dengan moderenisasi..... ?
2. Sebutkan ciri utama masyarakat moderenisasi .....!
3. Ada empat unsur penting dalam agama, yaitu .....?
4. Mengapa agama sering disebut sebagai kebutuhan 
dasar manusia ?
5. Apa yang dimaksud dengan ..................................:
a. Tauhid..........
b. Tauhid sosial
c. Ibadah..........
JAWABAN :
1. Moderenisasi yaitu aktivitas yang membawa kemajuan, perubahan, dan perombakan secara asasi susunan dan corak suatu masyarakat dari statis menuju dinamis; dari tradisional menjadi rasional; dari feodal menjadi kerakyatan, dengan jalan mengubah cara berpikir masyarakat sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi segala hal semaksimal mungkin.
2. Ciri utama masyarakat modern yaitu;
a. Rasional
b. Inklusif
c. Demokratis
d. Egalitarian
e. Plularis
f. Progresif
g. Orientasi saintifik
h. Individualis
i. Kapitalis
j. Liberal
k. Materialis
l. Hedonistik
m. Pragmatis, dan
n. Sekular
3. Empat unsur penting dalam agama yaitu;
a. Tata pengakuan atau kepercayaan terhadap adanya sesuatu yang agung
b. Tata hubungan / penyembahan terhadap sesuatu yang agung itu dalam bentuk ritus, kultus dan pemujaan
c. Tata kaidah / doktrin
d. Tata sikap terhadap kehidupan dunia
4. Agama merupakan kebutuhan dasar manusia, karena;
a. Ada beberapa hal yang tak terjangkau oleh akal manusia
b. Manusia membutuhkan pedoman hidup yang sesuai dengan fitrahnya
c. Manusia adalah mahluk yang selalu membutuhkan pihak lain sebagai tempat bersandar, sehingga menemukan kedamaian hidup
d. Kehidupan sosial manusia membutuhkan solidaritas, tatanan, dan kesadaran moral sejati yang hanya diberikan oleh agama
    5. a. Tauhid : keyakinan tentang keesaan Allah sebagai satu-satunya zat yang wajib disembah dengan mentaati segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya
b. tauhid sosial : keyakinan seorang muslin atas eksistensi, sifat-sifat , dan kekuasaan Allah serta pada hal-hal gaib yang dikabarkan-Nya yang berpengaruh nyata pada kehidupan sosial
c. ibadah aldalah : ketundukan dan kepatuhan untuk menjalankan aturan-aturan Allah SWT, baik yang bersifat ritual maupun sosial

1.Di kota mana Surat Al-Kausar diturunkan ?
Jawab:
Surat Al-Kausar di turunkan di kota Mekah.

2.Surat Al-Kausar termasuk dalam jenis surat apa?
Jawab:
Surat Al-Kausar termasuk surah makiyah.

3.Surat Al –Kausar oleh sebagian ahli tafsir diartikan sebagai apa?
Jawab:
Sebagian ahli tafsir mengartikan Surat Al-Kausar dengan nikmat yang sangat banyak.

4.Surat Al-Kausar ada berapa ayat?
Jawab:
Surat Al-Kausar terdiri dari 3 ayat.

5.Coba sebutkan nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada manusia!
Jawab:
Nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah antara lain adanya siang dan malam,udara yang kita hirup,tanaman,matahari,bumi yang kita pijak,kita bisa bermain,belajar,bekerja dan masih banyak lagi.

6.Diantara nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah,menurut kamu apa nikmat yang paling penting dan utama?
Jawab:
Di antara nikmat-nikmat yang telah kita terima,yang paling penting adalah nikmat iman.

7.Apa tujuan Allah memberikan kepada manusia nikmat yang sangta banyak?
Jawab:
Supaya manusia hidup bahagia da sejahtera di dunia dan akhirat.

8.Allah tidak meminta balasan atas nikmat-nikmat yang telah diberikan kepada manusia,namun sebagai orang yang beriman apa yang seharusnya kita lakukan?
Jawab:
Sebagai orang beriman sudah selayaknya mengucap syukur dan berterima kasih kepada Allah.

9.Bersyukur dapat dilakukan dengan banyak cara.Coba berikan contoh sebagian dari cara bersyukur tersebut!
Jawab:
Bersyukur dapat dilakukan antara lain:
-Dengan cara mendirikan salat,dimana denga salat kita bisa memohon,berterima kasih dan mengadu segala keluh kesah kepada Allah.
-Berkurban.Berkurban dapat dilakukan dengan menyembelih hewan kurban dan dapat juga dengan berzakat,bersedekah,ataupun membantu orang yang sedang kesulitan.

10.Dalam Surat Al-Kausar ayat 3 dikatakan bahwa”Sungguh,orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).Apa maksud dari ayat tersebut?
Jawab:
Ayat tersebut dimaksudkan bahwa orang yang membenci Nabi Muhammad saw akan kalah dan celaka,karena membenci Nabi saw berarti juga membenci Allah SWT.dan agama Nya.
1.Di kota mana Surat Al-Kausar diturunkan ?
Jawab:
Surat Al-Kausar di turunkan di kota Mekah.

2.Surat Al-Kausar termasuk dalam jenis surat apa?
Jawab:
Surat Al-Kausar termasuk surah makiyah.

3.Surat Al –Kausar oleh sebagian ahli tafsir diartikan sebagai apa?
Jawab:
Sebagian ahli tafsir mengartikan Surat Al-Kausar dengan nikmat yang sangat banyak.

4.Surat Al-Kausar ada berapa ayat?
Jawab:
Surat Al-Kausar terdiri dari 3 ayat.

5.Coba sebutkan nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada manusia!
Jawab:
Nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah antara lain adanya siang dan malam,udara yang kita hirup,tanaman,matahari,bumi yang kita pijak,kita bisa bermain,belajar,bekerja dan masih banyak lagi.

6.Diantara nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah,menurut kamu apa nikmat yang paling penting dan utama?
Jawab:
Di antara nikmat-nikmat yang telah kita terima,yang paling penting adalah nikmat iman.

7.Apa tujuan Allah memberikan kepada manusia nikmat yang sangta banyak?
Jawab:
Supaya manusia hidup bahagia da sejahtera di dunia dan akhirat.

8.Allah tidak meminta balasan atas nikmat-nikmat yang telah diberikan kepada manusia,namun sebagai orang yang beriman apa yang seharusnya kita lakukan?
Jawab:
Sebagai orang beriman sudah selayaknya mengucap syukur dan berterima kasih kepada Allah.

9.Bersyukur dapat dilakukan dengan banyak cara.Coba berikan contoh sebagian dari cara bersyukur tersebut!
Jawab:
Bersyukur dapat dilakukan antara lain:
-Dengan cara mendirikan salat,dimana denga salat kita bisa memohon,berterima kasih dan mengadu segala keluh kesah kepada Allah.
-Berkurban.Berkurban dapat dilakukan dengan menyembelih hewan kurban dan dapat juga dengan berzakat,bersedekah,ataupun membantu orang yang sedang kesulitan.

10.Dalam Surat Al-Kausar ayat 3 dikatakan bahwa”Sungguh,orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).Apa maksud dari ayat tersebut?
Jawab:
Ayat tersebut dimaksudkan bahwa orang yang membenci Nabi Muhammad saw akan kalah dan celaka,karena membenci Nabi saw berarti juga membenci Allah SWT.dan agama Nya.
Jawaban Soal LATIHANPERKEMBANGAN PEMIKIRAN ISLAM DI DUNIA
A.
Menjawab Soal dengan benar :
1.
Manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam pada masa pembaharuan adalahmenanamkan pada umat muslim pola pikir dan doktrin/paradigma yang selaras dengan Alqur`andan As-Sunnah melalui Iptek maupun Kebudayaan
2.
Peran atau wewenang akal dalam gerakan pembaharuan Islam ialah sebagai alat untuk mimilahdan memilih kemudian menetapkan pembaharuan Islam yang selaras berdasarkan nash Alqur`andan Al-Hadits
3.
Dengan adanya pembaruan dunia Islam oleh para Tokoh pembaruan, maka pengaruh perkembangandunia Islam, terhadap umat Islam di Indonesia yang nota bene muti etnis dan kultural sangatberpengaruh sekali khususya dalam pemurnian Aqidah islamiyah umat Islam di Indonesia daribentuk kesyirikan adat-istiadat jahiliyyah.
4.
Ajaran Islam menurut pandangan aliran wahabiyah ialah ajaran ittiba’ (mengikuti tuntunan Nabi),bukan mubtadi’ (orang yang membuat perkara bid’ah) dan kami mengikuti Al Kitab dan As Sunnahserta para pendahulu yang salih dari umat ini di atas madzhab Ahlus Sunnah wal Jama’ah yangtelah diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya.
5.
Islam adalah Agama yang sangat mendorong kemajuan ilmu pengetahuan (IPTEK), hal ini tertuangdalam Firman Allah SWT:
”Hai jama`ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi,Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan “
(Q.S Ar -Rahman:55/33).
6.
Maksud dari Pembaruan pemikiran islam adalah suatu upaya memahami doktrin
Islam
sesuaidengan semangat zaman dan didasari kesadaran akan perlunya umat
Islam
bangkit dariketerbelakangan dan keterpurukan. Tanpa bertentangan dengan Alqur`an dan Hadits
7.
Pemikiran dan usaha pembaruan periode modern (sebelum abad XIX M) yaitu mengambil bentukmemurnikan kehidupan umat agar sesuai dengan kehidupan yang dipraktekan oleh Nabi MuhammadSAW dan generasi salaf (pendahulu)
8.
Gagasan Jamaludin Al-Afghani secara umum gagasanya dapat dilihat pertama, perlawananterhadap kolonialisme, imperliasme Barat. Kedua, upaya melawan pemikiran naturalis India yanmgmenginkari adanya hakekat Ketuhanan ( materi mampu mengungkap pintu lebar-lebar bagiterhapusnya kewajiban manusia sebagai hamba Tuhan). Ia berpendapat Agama dan syareat dapatmemperbaiki kehidupan masyarakat.9.Sikap-sikap yang mencerminkan penghayatan terhadap manfaat yang di ambil dari sejarahperkembangan Islam pada masa pembaruan antara lain :
Memaksimalkan penggunaan Internet dan atau (IPTEK) sebagai sarana Positif dalampengembangan Da`wah dan syiar Islam;
Istiqomah dalam memegang teguh Alqur`an & As-sunnah;
Aktif di Organisasi keIslaman ( ROHIS) dan Aktualisasi da`wah lainnya; dsb.
10.
Enam tokoh pembaruan di Indonesia yang saya ketahui :
a.
Nurcholish Madjid (Cak Nur);
b.
KH. Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyah);
c.
KH. Hasyim Asy`ari ( Pendiri NU);
d.
Al-Habib Muhammad Rizieq Syihab ( Ketua FPI );
e.
KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur );
f.
Hafidz Abdurrahman ( Ketua DPP HTI );
g.
Utomo Dananjaya ( Pendiri Majelis Reboan );
B.
Jawaban Soal Qada dan Qadar :
1.
Pengertian Qadha menurut bahasa yaitu: hukum, ketetapan,pemerintah, kehendak,pemberitahuan, penciptaan.
2.
Arti Qadar menurut bahasa adalah: kepastian, peraturan, ukuran.
3.
Qadha dan Qadar di sebut juga
Fatum
= Nasib atau Takdir
4.
Mempercayai Qadha dan Qadar hukumnya
Wajib
5.
Iman kepada Qadha dan Qadar Allah termasuk rukun iman yang ke- 6
6.
Pengertian Qadha menurut istilah Islam ialah ketetapan Allah sejak zaman Azali sesuai dengankeinginan (iradah-Nya) tentang segala sesuatu yang berkenan dengan makhluk.
7.
Menurut istilah Islam, Qadar adalah perwujudan atau kenyataan ketetapan Allah terhadapsemua makhluk dalam kadar dan berbentuk tertentu sesuai dengan keinginan (iradah-Nya).
8.
Tidaklah sama antara takdir dengan penyerahan tanpa usaha, hal ini bersandarkan pada firmanAllah SWT.
“Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga merekamerobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri
( Q.S Ar-Ra’d ayat 11).
9.
a). Manusia bersifat
Musayyar
maksudnya
manusia berkeyakinan dan bertingkah laku merasaterbebas dari hisab karena semua gerakan dan amalan mereka semata-mata berasal darigerakan Dzat yang Maha menggerakan (ALLAH SWT) ,tanpa harus bergerak.b). Manusia bersifat
Mukhayyar
maksudnya
manusia itu menyakini dan bertanggung jawabdalam setiap amal perbuatanya sendiri, sehingga harus mempertanggungjwabkannya di akhiratnantinya.
10.
Faham yang mengharuskan berserah diri pada nasib dan tidak menganjurkan berikhtiar disebutfaham
Fatalisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Moga Saya Bisa memberi Solusi Yang Bermanfaat

By.Admin